Cara Sederhana Merawat Genset Diesel

Memiliki genset diesel sangat membantu khususnya saat listrik disekitar tempat Anda sedang terganggu. Karena itulah, mesin ini sering digunakan di rumah, kantor, toko, ataupun pabrik. Anda harus melakukan perawatan untuk menjaga performa genset tersebut. Berikut ini beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat genset.

Operasikan Sesuai Buku Petunjuk 

Mengoperasikan genset tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada baiknya mengoperasikan berdasarkan buku petunjuk. Dengan membaca buku petunjuk, Anda tahu urutan pengoperasian, hal-hal yang perlu dilakukan, serta hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan genset. Walaupun tampak sederhana, namun hal ini dapat mempertahankan performa mesin sehingga Anda bisa menggunakan genset tersebut selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang berarti.

Bersihkan Secara Berkala 

Pemilik genset diesel sering lupa untuk membersihkan genset mereka. Padahal hal sederhana ini sangat berdampak besar pada performa mesin tersebut. Debu, minyak, kotoran, atau air yang menumpuk khususnya pada bagian radiator akan membuat genset cepat rusak. Lakukan pembersihan setidaknya 2 hari sekali. Segera bersihkan jika terdapat debu atau kotoran lain yang menempel pada genset. Semakin lama kotoran menempel akan semakin sulit untuk dibersihkan. Dalam waktu tertentu akan menurunkan performa genset.     

Mengganti Komponen yang Usang 

Anda tidak hanya perlu membersihkan genset tetapi juga mengganti komponen yang usang secara berkala. Semakin lama Anda menggunakan genset tersebut, semakin usang pula komponennya. Jangan biarkan terlalu lama dan segera ganti dengan yang baru. Menggunakan komponen yang usang terus-menerus akan mempengaruhi performa sekaligus komponen lain yang tidak rusak. Bahkan hal ini bisa membahayakan operator. 

Panaskan Secara Berkala

Hanya karena Anda sedang tidak menggunakan genset, bukan berarti Anda mendiamkan genset tersebut. Selayaknya motor, Anda perlu memanaskan genset secara berkala. Nyalakan genset dan biarkan setidaknya 5 hingga 10 menit setiap 3 hari sekali. Tujuan menyalakan mesin genset adalah untuk mempertahankan sirkulasi pelumasan oli mesin. Selain itu, genset yang dipanaskan secara berkala lebih mudah untuk dinyalakan saat dibutuhkan dibandingkan dengan genset yang didiamkan.

Periksa Oli Mesin 

Oli bertindak sebagai pelumas mesin genset yang membuat komponennya berjalan dengan lancar. Karena itu, pastikan oli pada genset sudah terisi sesuai dengan buku petunjuk. Periksa juga kondisi oli. Jika oli sudah tampak sangat hitam atau keruh, Anda harus segera menggantinya. Penggantian ini biasanya dilakukan setidaknya 6 bulan sekali atau jika memang diperlukan.

Periksa Bahan Bakar 

Selain oli, Anda juga harus memeriksa bahan bakar pada genset. Pastikan bahan bakar cukup sebelum mengoperasikan genset. Kekurangan bahan bakar saat mengoperasikan akan membuat genset bekerja terlalu berat. Jika hal ini sering dilakukan maka genset diesel akan cepat rusak. Baca buku petunjuk untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang digunakan pada genset tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *