Ilustrasi kartu kredit

Kenali Hal – hal Penting Sebelum Memutuskan Mengajukan Kredit Modal Kerja

Seorang pemula usaha yang berniat ingin mengajukan kredit modal kerja ke pihak bank tentunya harus mempetimbangkan banyak hal. Sebab, hal ini menyangkut pada kelancaran pembayaran dalam jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan hal – hal penting sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit modal kerja. Bagi Anda yang baru pertama kali mengajukan kredit modal kerja ke pihak bank tertentu, sebaiknya memperhatikan hal – hal penting di bawah ini :

  • Usahakan selalu perhatikan pokok pinjaman dan angsuran

Umumnya, pokok pinjaman merupakan besaran jumlah kredit modal kerja yang disetujui dengan batas maksimal tertentu. Biasanya, pokok pinjaman ini disesuaikan dengan kondisi keuangan sebuah bisnis yang dijalankan. Penting juga untuk Anda perhatikan mengenai jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya kepada pihak bank.

  • Perhatikan bunga pinjaman yang ditentukan

Bunga pinjaman ini merupakan besarnya uang yang diwajibkan pihak bank untuk dibayarkan calon peminjam sebagai tambahan atas kredit modal kerja yang dipinjam sebelumnya. 

  • Perhatikan suku bunga pinjaman yang ditentukan

Biasanya, suku bunga pinjaman ini merupakan hasil dari pokok kredit modal kerja yang dipinjamkan pihak bank. Adapun suku bunga ini ditentukan per periode dan jangka waktu pinjaman tertentu.

  • Perhatikan jangka waktu pinjaman

Pihak bank biasanya menentukan jangka waktu pinjaman sesuai jenis kredit yang dipinjam calon peminjam. Selain itu, juga mengenai total besarnya dana pinjaman.

  • Adanya dokumen pendukung

Untuk dokumen pendukung ini, pihak bank tertentu akan memverifikasi data – data Anda dan peringkat kredit yang Anda pinjam. 

  • Jaminan yang diberikan ke pihak bank

Dalam memberikan kredit modal kerja, pihak bank biasanya akan memberikan persyaratan jaminan tertentu kepada calon peminjam. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan serta mempertimbangkan baik – baik sebelum jaminan Anda nantinya hangus karena diambil alih oleh pihak bank.

  • Perhatikan biaya administrasi yang berlaku

Biaya administrasi ini umumnya berlaku pada awal proses pencairan pinjaman. Bahkan, biaya tersebut akan langsung dipotong dari dana pinjaman yang diberikan.

  • Pahami soal proses pengajuan kredit

Sebelum memutuskan mengajukan kredit, sebaiknya Anda memperhatikan proses pengajuan kredit yang berlaku. Di antaranya seperti proses verifikasi data pribadi calon peminjam dan juga dokumen – dokumen pendukung yang ditentukan pihak bank.

  • Pahami proses pencairan dana

Secara umum, proses pencairan dana ini membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 hari. Yakni berlaku setelah pinjaman disetujui pihak bank. Bahkan, Anda juga harus mengetahui bagaimana proses dana yang akan ditransfer dan berapa jumlah dana maksimal yang bisa diambil.

  • Pahami pelunasan kredit awal

Dalam hal ini, Anda perlu mencari informasi mengenai biaya pelunasan kredit awal dana yang dipinjam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *