Wajib Tahu, Komponen – komponen Genset Caterpilar Beserta Fungsinya

Sebelum menggunakan genset caterpillar, tentunya Anda juga harus mengetahui berbagai komponen – komponen penting di dalamnya bukan? Nah, hal ini bisa menjadi acuan dan cara untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada genset yang digunakan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak penjelasan lengkapp mengenai komponen – komponen penting pada genset caterpillar beserta fungsinya.

Komponen – komponen pada genset caterpilar 

Umumnya, komponen – komponen pada genset caterpillar penting untuk diketahui agar Anda nantinya tidak mudah ditipu pada oknum teknisi tak bertanggung jawab mengenai kerusakan yang terjadi. Berikut ini ada beberapa komponen – komponen genset caterpillar beserta fungsinya :

  • Komponen mesin (engine)

Bagian paling utama sebuah genset adalah mesin yang dikatakan sebagai sumber energi input mekanis untuk sebuah generator. Fungsi utama mesin sendiri adalah untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Pada sebuah mesin, tentunya akan menggunakan bahan bakar untuk menggerakannya bukan? Nah, bahan bakar pada mesin genset biasanya menggunakan bensin, solar maupun gas alam.

  • Komponen generator

Pada genset, generator ini berfungsi untuk mengubah energi mekanik yang dihasilkan mesin menjadi energi listrik. Umumnya, generator terdapat sebuah alternator yang memiliki setor dan rotor. Keduanya ini sering dikenal dengan amature dan merupakan komponen yang bekerja pada generator tersebut.

  • Komponen panel

Komponen ini merupakan pusat pengendali (kontrol) pada sebuah genset. Sebuah panel ini memiliki beberapa komponen seperti kontrol, pengaman, auto dan meter dengan fungsinya untuk melindungi kinerja dari genset tersebut.

  • Komponen tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar ini berfungsi untuk menjaga genset dapat beroperasi selama kurang lebih 6 jam sampai 8 jam lamanya.

Berguna untuk mengatur besarnya tegangan yang keluar pada generator genset. 

  • Komponen exhaust cooling

Komponen pada genset caterpillar ini berfungsi sebagai ventilasi untuk melepaskan panas pada sebuah genset.

  • Komponen baterai

Fungsi baterai pada genset ini yakni untuk menyalakan sebuah generator. Pada saat genset beroperasi, baterai akan secara otomatis melakukan pengisian daya.

  • Komponen kerangka utama (frame)

Terakhir, ada komponen frame yang dirancang sedemikian rupa untuk memberi keselamatan bagi para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *