Apa Arti Tanda Samar Pada Tespek Kesuburan?

Saat melakukan tes kehamilan, Anda tentu memerlukan tespek. Bagaimana cara menggunakan tespek kesuburan? Saat menggunakan alat tespek kesuburan ini, tanda yang muncul terkadang samar. Apa arti dari tanda tersebut?

Tes Menunjukkan Hamil

Arti pertama dari hasil samar ini adalah Anda sedang hamil. Tanda ini hanya bisa diartikan demikian jika tanda positif terlihat samar saat dua atau tiga kali tes dengan tespek baru.

Saat awal kehamilan, hormon hGC yang ada pada urin jumlahnya sangat rendah. Pada masa ini, deteksi tespek akan kesulitan membacanya. Jadi hasil tanda positif yang blur bisa saja terjadi.

Tapi pada saat benar – benar hamil, tanda ini akan selalu muncul dan bahkan semakin jelas. Jadi, cara menggunakan tespek kesuburan dengan memastikan tes ulang 3 sampai 7 hari setelah tes yang pertama. Siapa tahu, hasil tespek yang blur bisa jadi lebih jelas setelah itu.

Tes Menunjukkan Tidak Hamil

Arti kedua bisa saja Anda memang tidak hamil. Untuk hasil yang ini, tanda blur pada tespek kesuburan merupakan hasil yang salah.

Tanda yang blur ini hanya muncul jika alat mengalami kerusakan, kadaluwarsa ataupun kualitasnya buruk. Pada alat seperti ini, tespek membaca hormon LH yang berstruktur sama dengan hormon hGC.

Untuk status yang tidak jelas ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara menggunakan tespek kesuburan di hari yang berbeda dengan alat lain. Jika hasilnya berikutnya negatif, tes yang kedua ini biasanya lebih tepat.

Tes Menunjukkan Keguguran

Pada 12 minggu masa pembuahan, ada kemungkinan sel telur yang terbuahi mati tanpa merasakan perbedaan banyak pada tubuh. Hal ini jarang terjadi, tapi sudah banyak kasus yang membuktikan kejadiannya.

Jika melakukan tes kehamilan pada saat matinya sel telur terjadi, hasil yang terbaca akan tidak jelas. Hal tespek akan membaca kehadiran hGC masih ada, tapi jumlahnya kecil. Pada kejadian ini, terkadang si ibu tidak sadar bahwa pembuahan sudah terjadi sebelum melakukan tes.

Jika Anda mengalami tanda blur pada tespek kesuburan, lebih baik segera datangi dokter kandungan terdekat. Melakukan pemeriksaan dengan pihak profesional akan lebih pasti daripada sekedar menggunakan tespek saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *