pipa untuk konstruksi

Aneka Jenis Pipa Besi

Tak hanya pipa hitam medium, pipa besi pun juga memiliki beragam varian dan ukuran seperti pipa hitam SCH 80. Yang meliputi pipa ductile yang biasanya digunakan untuk penyuplai air, pipa hollow atau pipa yang biasa disebut dengan pipa kotak ini digunakan untuk rangka plafon atau kanopi rumah, pipa welded adalah pipa untuk sambungan, pipa ERW,  pipa ulet, dan masih banyak varian lainnya. Pembahasan kali ini, kita akan membahas pipa hitam medium atau pipa besi baja.

Nah yuk kita bahas satu persatu penjelasan dari aneka jenis pipa besi tersebut.

  1. Pipa Ductile

Pipa ini biasa digunakan sebagai insfrastruktur penyuplai air. Pipa besi ductile berhasil diproduksi dengan karakteristik yang semakin baik, sehingga menghasilkan produk bahan yang kuat, berdaya tahan tinggi, serta tidak mampu berkarat. Saat ini pipa besi ductile kini hadir dengan ukuran diameter berbeda juga sambungan yang tahan apabila terjadi gempa.

  1. Pipa Hollow

Bentuk dari pipa ini kotak dan kerap digunakan sebagai bahan pembuatan gerbang atau pagar rumah. Tetapi kebanyakan saat ini orang-orang beralih memanfaatkan pipa hollow untuk rangka plafon atau kanopi rumah. Pipa ini digemari juga karena lebih mudah dipasang serta lebih kuat dan tidak mudah lapuk.

  1. Pipa welded

Pada awalnya pipa welded merupakan sebuah pelat yang kemudian dilengkungkan dan dilas menjadi sebuah pipa. Ciri yang paling menonjol dari pipa ini adalah keberadaan garis memanjang yang merupakan sambungan pelat tersebut. Namun, pada beberapa produk, sambungan tersebut hanya tampak samar karena pengelasan dilakukan pada suhu tinggi. Pipa ini hanya bisa dibuat oleh perusahaan yang telah bersertifikasi karena jika salah-salah dalam produksi sambungan pipa yang bocor bisa menjadi sumber terjadinya ledakan.

  1. Pipa ERW

Pipa Electric Resistance Welded (ERW) merupakan jenis pipa yang dibuat melalui pengelasan listrik. Pembuatan pipa ini dengan memanfaatkan ketahanan dari kedua permukaan logam.

  1. Pipa Ulet

Selanjutnya pipa yang paling dikenal yaitu pipa ulet. Pipa ini merupakan jenis pipa besi cor yang terdiri atas campuran besi dan grafit. Keunggulan dari pipa ulet yaitu performanya yang tangguh dan mampu menandingi performa baja. Menariknya, jenis pipa ini juga lebih tahan terhadap benturan.

 

Tentunya ada beragam ukuran pipa hitam medium seperti pipa hitam SCH 80, 40, 20, dsb. Pipa hitam SCH 80 bahkan bisa berbeda harga dengan pipa hitam sch 40. Namun Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat berkonsultasi dahulu ke distributor sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *